Minggu, 24 April 2011

Waduh Pak, bayar dulu pajak bandaranya..




Alkisah pagi ini gw sedang tergopoh-gopoh mengejar jadwal pesawat paling pagi yang akan membawa gw dari Lombok menuju Jakarta, dan pemandangannya seperti biasa, di ruang bandara Selaparang Mataram-Lombok yang tidak besar, dipadati oleh ratusan penumpang yang sibuk dengan urusan keberangkatannya di pagi buta itu.

Nah, gw yang sudah di check-in kan tiketnya menggunakan jasa mas-mas travel agent otomatis tinggal berkepentingan menembus pintu pemeriksaan (plus scanner) kedua. Namun ditengah padatnya manusia di ruangan tersebut, antrian 1 baris pun terlihat absurd, melihat ada ruang kosong disebelah, ya sudah gw berdiri disitu dengan pertimbangan (dan pembenaran karena memang secara aturan melanggar aturan antri) ga memungkinkan lagi kalo gw ikut antrian yang sudah ada, toh gw pikir disaat antrian gw yang dah agak telat itu, kalo pesawat dah mau berangkat, nanti akan ada mas-mas petugas yang berteriak-teriak memanggil para penumpang yang masih belum terangkut naik ke pesawat, dan salah satunya yang terjebak antrian semrawut seperti yang gw alamin ini. Secara, (sekali lagi pembenaran gw nih hehe) gw mencoba memanusiawikan pola antrian yang memanjang seperti ular ditengah hiruk pikuk yang tidak efektif itu.

Namun setelah gw berdiri dengan tertib di tempat baru gw, ehh.. bapak-bapak disebelah gw (mungkin karena memang benar) komen, "ini antrian jadi dua ya??" dengan nada menyindir (mungkin ke gw), pikir gw, kalo dia bilang langsung ke gw ya gw akan jelasin baik-baik (tanpa ngotot menjadi yang benar karena emang jelas tindakan gw ga benar) kalo udah ga memungkinkan gw antri di ujung belakang yang ntar bakal ngalangin orang keluar masuk (lagian kenapa ga bapak itu berinisiatif membuat barisan baru ntar pasti gw ikutin). Kadang terlalu kaku ikut aturan tanpa ngeliat situasi juga akhirnya ga beres juga kan. Tapi sekali lagi gw tegaskan memang tindakan gw ini patut dinamakan membuat antrian baru alias kurang (jika menggunakan perlembutan kata "tidak").

Waktupun berlalu, dan orang-orang mengikuti gw untuk antri dibelakang gw, tapi toh tetep aja ada orang-orang yang lebih rusuh nyelaknya daripada gw. Dan si Bapak bijak itu berkicau lagi "orang Indonesia memang paling susah diajak tertib n teratur".
Hmmm.. pikir gw, itu kalimat yang mungkin beratus-ratus kali (kalo belum sampe seribu) gw denger dari mulut orang Indon sendiri. hehehe ada apa nih sama orang Indonesia??
Merasa tau diri, gw ga mau deh ngeduluin bapak-bapak itu, ya udah gw kasih duluan, sekilas dari tiketnya terlihat bahwa beliau ini bukan orang sembarangan (pikir gw, mungkin ini orang yang bisa merubah Indonesia ke arah yang lebih baik), terbukti dari tiket Garuda Indonesia kelas Executive yang dipegangnya.. wow.. baru kali ini seumur hidup gw liat tiket GI executive class.

Ya udah deh, merasa kelas gw makin kebanting, gw makin ikhlas mendahulukan beliau-beliau ini, tapi ternyata batin gw mendadak merasa berkata "haduuhh bapak idola ku, kok anda melakukan hal-hal remeh temeh seperti ittuuuu (diucapkan dengan nada prihatin)", Ternyata eh ternyata, si Bapak belum bayar pajak bandara, ehh beneran tuh? (dalam hati gw ga percaya saat petugas pemeriksa mengatakan ke bapak yang terdiri dari 2 orang itu), eh ternyata beneran. Mungkin beliau terlalu sibuk hingga sudah antri sedemikian lama dan memegang erat prinsip baiknya namun lupa akan hal dasar tersebut.

Nahloo, kalo dah gini gimana?? sejenak gw mikirin, waduh jangan-jangan demi menjaga prinsip antrinya ntar bapak ini akan kembali ke antrian yang mengular itu karena ga pingin menyelak hak orang lain. Haduuuhh



2 komentar:

  1. belum pernah naik pesawat sih, kupikir sama dengan tiket kereta dan kapal laut. pas beli tiket pajak sudah disertakan. ternyata terpisah ya, hm...

    BalasHapus
  2. hehe.. ya gapapa mas.. tiap orang pasti punya masa "pertama kali" dalam hidupnya..

    buktinya saya ini, masih menunggu untuk saat-saat "pertama kali" naik executive class nya garuda indonesia yang ga kunjung tiba..

    hehe jadi sekarang cuma bisa menghayal dulu..

    lam kenal mas

    BalasHapus