Sabtu, 27 Juni 2009

Pak Pulisi di perempatan kecil

Ada polisi sedang berdiri di sebuah perempatan jalan di pesisir barat lombok, tingak-tinguk, awalnya gw mikir ada 2 kemungkinan tentang apa yang ada didalem pikiran nih polisi, pertamax, langsung aj gw tembak, dia lagi butuh duit alias mencari mangsa a.k.a bersiap mempritt tanda offside kepada para pengendara (biasanya) sepeda motor yang lalai dalam mematuhi setiap undang-undang lalu lintas, oh iya, setting waktunya saat itu lagi siang bolong, hampir jam 12 siang, cerah pula, nyaris tanpa awan, di kota yang kecil ini, teknologi mesin penghitung detik lampu merah memang baru saja digunakan, namun (seperti biasa) ga perlu nunggu waktu lama untuk melihat bahwa alat-alat yang dibeli dengan mahal (atau tadinya mahal) itu berkedip-kedip tidak jelas atau malah tidak berkedip sama sekali alias rusak, yah, gw mah ga mau menunjuk siapa-siapa yang berdosa dalam hal ini, lha wong gw juga banyak dosa, tapi dalam hal ini yah demikianlah keadaannya. oh iya, kembali ke pak pulisi tadi, sebenernya kasian juga gw liat itu polisi, berdiri di siang bolong gitu, tapi gw juga ga tau kenapa dia ngelakuin itu, ya itu dia, akhirnya muncul 2 kemungkinan di kepala gw ini, nah, sambil gw tengok ke belakang, nyari-nyari adakah pengendara motor yang sedang sial, entah lupa ga bawa helm, atau ga punya helm, ato lagi ga mampu beli helm karena miskin (kek gw ini, helm boleh HM-in punya orang, tapi orangnya dah maklum kok) jadi (secara sepihak) gapapa kan. ternyata dibelakang gw (saat itu) adalah para pengguna jalanraya yang sangat patuh dan mematuhi setiap peraturan lalulintas, jujur gw agak kecewa, gw siang itu lagi butuh banget tontonan soalnya, ngarepin banget ada anak kampung yang tengil n sok gaul lupa pake helm trus pada akhirnya kena offside alias kena semprit wasit, eh , pak pulisi, ternyata ga ada. eh di kiri gw (gw ada di front row ) ada motor yang lagi numpang ngadem di tepi jalan, tapi sebenernya dia sama aja ma gw, lagi nungguin lampu merah yang luar biasa lama untuk perempatan sekecil ini (yang kadang gw ngerasa bego banget nurut aja sama angka2 di alat yang tinggal menghitung hari buat jadi rongsokan itu). sadar kalo didepannya ada polisi lagi berdiri, itu motor makin mengingsut ke pinggir lagi ke arah sudut mati pandangan pak polisi itu, aslinya, jiwa jahat gw waktu itu pingin manggil pak polisi, "paak,, ada yang nakal ini lho...", lumayan untuk mengakhiri dahaga akan tontonan di siang nan terik itu. tapi gw ga berani, hehe nyali gw ciut ut ut.ya udah, gw dengan sangat terpaksa merelakan tontonan gratis gw hilang.sambil nunggu terus aja mata gw ini terpana ke pak pulisi yang berdiri tegap di salah satu sudut perempatan, trus muncul kemungkinan kedua di otak gw, apa itu? ini dia...Pak pulisi itu emang bener-bener sedang bekerja berdedikasi untuk mengawasi tertib lalu-lintas di perempatan mungil itu, dan memang, survey membuktikan, tiap gw lewat perempatan itu, semua bergantung dengan keberadaan polisi berdiri (bukan tidur lho ya) disitu, kalo ada, tertib deh lalu lintasnya, orang pada mau and rela menanti dengan sabar lampu merah itu berganti menjadi hijau, padahal kalo pas lagi ga ada, ya ampun,, semrawut banget tu perempatan. dan pada akhirnya emang gw berkesimpulan begitu. pak pulisi itu bener2 sedang bertugas dengan sigap. sampai lampu merah gw berubah warna jadi ijo, dia tetap berdiri tegak mengawasi lalu lintas sekali lagi dengan penuh dedikasi.yah moga-moga prasangka gw bener, soalnya jarang-jarang gw punya prasangka baik ke orang.

1 komentar:

  1. Thx dah comment...
    BTW Ga semuanya pak polisi buruk lho...
    stau q c, mereka baeeeek kok...(he...lebay...)
    mgkn hny indv 1 - 2 org yg bikin imageny jd jelek...
    jd bersyukurlah bisa liat pak polisi yg berdedikasi...
    Semangat!!!

    BalasHapus