Senin, 31 Desember 2012

Snorkeling di penghujung tahun


Beberapa orang yang peduli dengan penanggalan Masehi akan menganggap hari ini adalah hari terakhir tahun 2012, buat saya hari ini sama saja dengan hari-hari sebelumnya (ga tau jika dengan hari esok). Tapi ga ada salahnya juga untuk menganggap hari ini sebagai hari terakhir di tahun 2012 untuk memberi bumbu pada hari agar terasa sedikit gurih.

Agak siang sekitar pukul 10.30 ketika saya memulainya, awalnya air masih cukup jernih (walau tidak terlalu jernih juga) dan menjadi sangat keruh di paruh akhir, kondisi arus air cukup kuat. 

Tidak ada spesies ikan yang cukup menarik dalam sesi snorkeling kali ini, Mungkin keterbatasan jarak pandang mempengaruhi penampakan para ikan tersebut. Sebuah pufferfish (Family Tetraodontidiae) berwarna abu-abu kekuningan sempat terlihat disebuah karang datar (table coral / Acropora) Namun si Puffer ini adalah jenis hewan pemalu, ketika didekati diapun segera menjauh, jikalau saat itu kondisi air lebih jernih mungkin gambar akan bisa didapat namun dengan cepat si Puffer lucu itu segera menghilang dibalik keruhnya air. 

Pembelajaran teknik freediving memberikan banyak manfaat dalam snorkeling kali ini, selain dari durasi waktu submerge yang lebih lama, gerakan dibawah air pun menjadi lebih lugas sehingga pengambilan gambar bawah air dapat menjadi lebih leluasa. Jika ada satu hal yang menghambat, hal itu adalah arus bawah yang lumayan kuat sehingga sempat membuat oleng ketika akan mengambil gambar.

Karang Meja dengan Bioluminescene di pinggirnya
Ketika sampai disuatu tempat dimana terdapat banyak anemon subur didalamnya, kondisi kejernihan air sudah sedemikian buruknya, sehingga gambarpun hanya dapat diperoleh seadanya. Terakhir seekor Morray Eel kecil secara tidak sengaja saya temukan, seperti biasa dia menyembulkan kepalanya seperti garang, namun sebetulnya mereka adalah hewan pemalu yang jika kita dekati lebih lagi mereka akan memilih untuk bersembunyi. Sifatnya sangat berbeda jauh dengan tongkrongannya.

Beberapa foto berhasil diambil walaupun banyak yang hasilnya kurang baik, berikut adalah beberapa yang terpilih. :)

Hutan Kecil Anemon (sayangnya housing underwater sudah mulai fogging)




2 komentar:

  1. ane nyari kamera underwater yg bagus dan murah... ada gak yah? hehe

    BalasHapus
  2. Baca post ini jadi kangen saya ingin snorkeling lagi ... disini mau snorkel haduh seperti mau menyelam :(

    BalasHapus